Wednesday 17 October 2012

TIPS MEMILIH JURUSAN akan SAAT KULIAH

"Tips memilih jurusan saat kuliah" akan kami berikan bagi teman teman yang akan masuk perguruan tinggi, tapi masih bingung sebaiknya memilih jurusan apa. Memang fenomena seperti ini sering terjadi saat tahun ajaran baru.

Misalnya si Doni baru lulus SMA, yang saat sekolah punya kemampuan untuk datang telat 20 menit setiap hari, nilai ujian yang pas-pasan. Sering di panggil guru BK, nilai matematika nya anjlok.

NAMUN si Doni punya kelebihan yaitu ; dia sering mangikuti perlombaan dalam bidang olahraga, Hampir semua bidang olahraga Ia kuasai, seperti bola takraw, volly, bola kaki, dan dia juga sering mendapatkan juara disetiap perlombaan yang diikiutinya. Truuuuusssss....... Gue harus bila wow gitu.....hehe..

Nah, dengan fenomena seperti ini kalau si Doni mau kuliah bagusnya pilih jurusan apa ya?
bagusnya ya pilih jurusan yang bagus, iya emang jelas pilih yang bagus, tapi yang bagus tu apa? Teknik elektro juga menjanjikan saat sudah lulus nanti untuk bekerja di perusahaan besar, bisa kerja ke luar negeri juga. dan gajinya juga besar.

TAPI apakah semua jurusan yang bagus itu juga baik untuk semua orang?
Saya pikir jawabannya adalah "TIDAK",

kenapa?
Karena, Kita balik lagi ke permasalahan si Doni, memang sih jurusan seperti elektro banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru. tapi dengan nilai matematika Doni yang anjlok apakah cocok dengan Elektronika yang jelas-jelas basicnya adalah matematika dan fisika.

Trus jurusan apa yang bagus untuk si Doni, ?
Oke ini tips dari saya,

Kita sebaiknya memperhatikan bakat dan minat.
    Apa Itu bakat dan minat ?
    Menurut Rika Astini, SE, MM bakat adalah kemampuan bawaaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus, misalnya, kemampuan berbahasa, bermain musik, melukis dan lain lain. Seorang yang berbakat musik contohnya, denganlatihan yang sama dengan orang yang tidak berbakat musik, akan lebih cepat menguasia keterampilan tersebut. Untuk bisa terealisasi bakat harus ditunjang dengan minat, latihan, pengetahuan, Pengalaman agar bakat tersebut teraktualisasi dengan baik. dan si Doni juga harus memperhatikan bakat dan minat nya, yaitu olahraga . dan sebaiknya Doni memilih jurusan olahraga saat kuliah, supaya dia tidak terkendala dalam melaksanakan tugasnya sebagai mahasiswa nanti. karena dia sendiri menyukai bidang olahraga.

No comments:

Post a Comment