Tuesday 8 November 2011

TUGAS KELOMPOK REKAYASA PERANGKAT LUNAK


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Informasi merupakan salah satu bagian untuk dapat mendukung kemajuan suatu perusahaan ataupun instansi dengan tujuan memperkecil pengeluaran biaya dan mempesingkat waktu kerja. Atas dasar tujuan tersebut, perlu dilakukan dukungan penuh dengan keberadaan sistem informasi.

Permasalahannya yaitu pada proses pengolahan data CD pada Rental DVD yang masih menggunakan system manual. Dimana masih menggunakan system penulisan tangan untuk merekap data-data pelanggan rental, proses peminjaman, dan proses pengembalian DVD. Kondisi tersebut akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk dapat melayani para pelanggan dalam waktu bersamaan, sehingga akhirnya akan muncul keluhan-keluhan dari pihak pelanggan.

Dengan permasalahan di atas, maka penulis berniat untuk membuat suatu system informasi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada rental DVD dan mengembangkan system yang lebih baik dan lebih efisien dengan adanya system komputerisasi.

B. Rumusan Masalah

System informasi pengolaha data di rental DVD merupakan suatu system aplikasi yang digunakan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan proses pengolahan data dan transaksi pada sebuah rental DVD. Selain member kemudahan kepada pihak rental, pelanggan juga dapat menikmati kemudahan program aplikasi yang efektif dan efisien dan tidak perlu menunggu lama lagi pada saat transaksi peminjaman dan pengembalian DVD.

C. Tujuan

1. Untuk melakukan pembuatan perangkat lunak program aplikasi pengolahan data pada rental DVD dengan system yang terkomputerisasi.

2. Membantu menangani permasalahan pengolahan data khususnya proses peminjaman dan pengembalian, sehingga transaksi menjadi lebih cepat.

BAB II

PEMBAHASAN

PROYEK RENTAL DVD

A. Entitas yang terlibat dalam proyek :

1. Entitas Anggota :

- No anggota

- Nama anggota

2. Entitas DVD :

- Jenis film

- Judul film

3. Entitas peminjaman :

- Tanggal peminjaman dan Pengembalian

- Jumlah pinjaman

- Sewa

- Jumlah bayar

4. Entitas pengembalian :

- Denda

Ketentuan bagi anggota yang meminjam, apabila dikembalikan pada waktu yang tidak sesuai dengan yang telah ditentukan, maka akan dikenakan denda.

B. Desain Input

C. Desain Output

Desain output pada proyek rental DVD ini berupa kartu anggota dan faktur pembayaran yang diberikan setelah melakukan peminjaman.

No comments:

Post a Comment