Wednesday 30 November 2011

SEBUAH E-LEARNING UNTUK INDONESIA


Teman-teman tentu sudah kenal bahkan sudah dekat dengan yang namanya e-learning, apalagi di era komputerisasi sekarang ini. bagi teman-teman yang belum kenal dengan yang namanya e-learning, saya akan coba menjelaskan sebisanya.

oke....
(asssikhh)"gaya nya sule......"
jadi e-learning adalah proses pembelajaran yang menggunakan komputer, terutama jaringan internet. kalau internet udah pada tahu kan. (hehe). Dimana guru tidak langsung bertatap muka dengan peserta didiknya. bisa menggunakan video call, yaitu guru dan pesertadidiknya bertatap muka tapi tidak secara langsung dalam waktu yang sama, istilah ini disebut syncronous .
sedangkan asyncronous pembelajaran melalui video tapi tidak dalam waktu yang sama, dapat berupa rekaman video.

Perguruan tinggi maju di indonesia sudah banyak yang menerapkan system e-learning ini, karena menghilangkan batasan ruang, waktu, dan efisien. Namun sangat disayangkan karena baru bisa dinikmati oleh segelintir orang kaya. Bagaimana dengan saudara kita yang masih memikirkan apa yang akan dimakan hari ini pun tak ada janagkan komputer dan internet.

E-learning memang bagus, memang efisien, memang efektif tapi apakah tepat untuk negara indonesia yang ekonomi penduduknya masih menengah ke bawah. Makan daging pun mungkin hanya sekali setahun pada saat hari raya idul 'adha. apalagi untuk membeli komputer.

Kapan pendidikan kita akan merata ??? sepertinya pendidikan hanyalah milik orang kaya saja. indonesia tak akan maju selama tiap individu masih lebih mementingkan kepentingan pribadi ketimbang membantu sesama. Seandainya orang kaya itu tidak terlalu takut kehilangan sedikit sudut hartanya yang kalau di sumbangkan ke sekolah terpencil yang belum terjamah komputer. dan hal ini akan membantu setikit pemerataan kemajuan pendidikan di indonesia.

Semoga impian saya ini cepat terwujud,, dan menjadi impian kita bersama. untuk kemajuan indonesia...

No comments:

Post a Comment